Wanita Perokok Lebih Berisiko Kena Kanker Serviks
Posted on: October 23, 2017, by : smartbalance wheel

Screenshot_15

Rokok bisa tingkatkan resiko kanker serviks 3x lipat dibanding wanita yg tidak merokok, kata dokter spesialis obstetri serta ginekologi Dr dr Tofan Widya Utami SpOG (K).

” Wanita yang merokok ada radikal bebas di badannya, mempunyai 2, 7 atau 3x lipat resiko terserang kanker serviks, ” kata Tofan di Jakarta, Jumat.

Tofan yang dokter dari Divisi Onkologi Ginekologi Departemen Obstetri serta Ginekologi RSUPN dr Cipto Mangunkusumo menerangkan aspek resiko beda dari kanker serviks adalah mempunyai tingkah laku seksual yang seringkali bergonta-ganti pasangan, atau mempunyai pasangan yang lakukan aktivitas seksual lebih dari satu pasangan.

Dokter Tofan mengungkap, riset mengatakan kalau wanita yang mempunyai lebih dari lima pasangan seksual mengakibatkan 12 kali lipat peluang virus penyebabnya kanker serviks (Human Papiloma Virus, HPV) tinggal pada leher rahim serta dapat menyebabkan kanker.

Diluar itu, wanita yang sempat lakukan hubungan seksual dibawah umur 18 th. juga berisiko terserang kanker serviks.

Dia menyampaikan 99, 7 % masalah kanker serviks dikarenakan oleh virus HPV. Sesaat virus HPV, kata Tofan, begitu gampang beralih serta ada di beberapa tempat.

Tofan menjelaskan HPV dapat ada di beberapa sarana umum, seperti kloset, atau sebagai pegangan tangan, serta bahkan juga dapat beralih cuma dengan jabatan tangan. Oleh karenanya, Tofan mengutamakan perlunya lakukan membersihkan tangan dengan memakai sabun seperti dalam Pergerakan Orang-orang Hidup Sehat (Germas).

Tofan juga menggarisbawahi perlunya lakukan deteksi awal dengan cara IVA atau pap smear supaya kanker serviks dapat sembuh sebelumnya fase selanjutnya.

” Bila hasil IVA positif, janganlah takut, harusnya bersukur karna tetap dalam status prakanker, 100 % dapat pulih, ” tutur Tofan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *